Pentingnya Pelapis Anti Bocor untuk Dak Beton dan Talang Air

Orang lebih cenderung tertarik untuk memperhatikan fasad dan interior sebuah rumah. Komponen seperti talang air biasanya tidak diperhatikan, tetapi masalah akan muncul jika komponen ini rusak dan bocor. Talang air biasanya terletak di tepian atap atau di pertemuan antar bidang atap untuk mengalirkan air hujan dari atap ke lokasi yang dimaksud, seperti selokan, tangki penampungan air hujan, dan sumur resapan. Dengan adanya talang air, air hujan yang turun dari atap dengan bebas akan terkumpul di lokasi yang dimaksud tanpa mengganggu kelembapan rumah, sehingga rumah aman dari bocor dan rembes.

Penggunaan Talang Air

Dalam hal penggunaan talang air, ada berbagai jenis yang dapat digunakan, tergantung pada bahan yang digunakan, seperti PVC, logam, atau beton. Talang air beton memiliki banyak keuntungan, seperti daya tampung yang lebih besar dibandingkan dengan jenis talang air lainnya, kekuatan yang kuat, dan daya tahan yang lama. Akibatnya, banyak developer atau kontraktor memilih talang air beton untuk proyek mereka.

Namun, tidak memperhatikan talang air beton dapat menyebabkan masalah seperti:

Faktor-faktor berikut dapat menyebabkan talang air tersumbat: permukaan talang air retak sebagai akibat dari cuaca ekstrim; elevasi talang atau atap dak beton yang tidak sesuai sehingga air tidak mengalir ke lubang pembuangan; atau pori-pori di permukaan talang air yang membuatnya mudah menyerap air hujan.

Pemeliharaan talang air beton sangat penting. Selain membersihkan bagian talang air secara berkala dari sampah atau dedaunan yang menyumbat, cat anti bocor yang efektif melindungi area yang terendam air seperti talang air beton.

“Aquaproof Pro adalah cat pelapis anti bocor yang memiliki sifat waterponding resistance atau ketahanan rendaman air yang sangat baik, sehingga cocok untuk digunakan di atap dan talang beton. Selain kedap air dan menutup permukaan beton dengan sempurna, Aquaproof Pro juga tahan UV, elastis sehingga anti retak dan minim noda. Sebagai komitmen kami terhadap lingkungan, Aquaproof Pro juga telah mendapatkan sertifikasi Green Label dari Singapore Environment Council.”

Sangat mudah untuk menggunakan Aquaproof Pro untuk melapisi talang air dan atap beton; Anda dapat melapisinya langsung di atas permukaan beton yang bersih dua kali lipat tanpa dicampur air. Jika ada retakan di permukaan beton, pertama-tama tambahkan retakan dengan Aquaproof Pro, yang akan menutup retakan dengan rambut. Setelah itu, lakukan pelapisan kedua dengan cat Aquaproof Pro.